Misi Penyelamatan Lingkungan dan Ekonomi, Asuransi Rama Tanam Pohon Mangrove

Asuransi Rama Tanam Pohon Mangrove 2022

Asuransi Rama_Digital 2023

JAKARTAĀ - Ekonomi dan lingkungan diseimbangkan. Dihadirkan secara bersama-sama untuk membawa kebaikan hidup manusia. Kini misi penyelamatan keduanya dilakukan Asuransi Rama. Formulanya melalui rehabilitasi penanaman kembali hutan mangrove. Asuransi Rama menggandeng kemitraan luas dan terbuka dengan masyarakat dalam misi penyelamatan tersebut. Manfaat berganda bahkan diterima masyarakat melalui sistem proteksi aset dari Asuransi Rama.

ā€œLingkungan menjadi isu sentral dunia, apalagi iklim terus mengalami perubahan. Dampaknya besar, bahkan ikut memengaruhi ekonomi dunia. Untuk itu, Asuransi Rama dan masyarakat Indonesia harus berbuat lebih. Keseimbangan bahkan kesinambungan tersebut bisa dimunculkan dengan partisipasi aktif semua elemen,ā€ ungkapĀ Bambang Hermanto, Kepala Kantor Pemasaran Asuransi Rama Semarang.

SERTIFIKAT ASURANSI RAMA DONASI MANGROVE

Melalui kolaborasi luas dan terbuka bersama masyarakat, Asuransi Rama melakukan penanaman pohon mangrove (Mangrove Rhizophora), pada awal Desember 2022. Lokasi penanaman pohon mangrove di Pesisir Trimulyo, Semarang, Jawa Tengah, melalui program Growth Green yang diinisiasi oleh lindungihutan.com. Institusi tersebut juga memiliki banyak program berbasis lingkungan diantaranya, Collaboratree (Program Menghijaukan Indonesia), Kado Bumi (Mengajak Masyarakat Menanam Pohon), dan Imbangi (Misi Menekan Emisi Karbon).

ā€œSinergi besar harus dilakukan untuk merehabilitasi lingkungan, termasuk hutan mangrove. Masyarakat kini bisa berperan secara langsung dalam penanaman kembali hutan mangrove. Sebab, Asuransi Rama menyiapkan program khusus. Semoga program ini memberikan manfaat besar secara menyeluruh bagi masyarakat,ā€ terangĀ Bambang Hermanto lagi.

Asuransi Rama Peduli Lingkungan

Masyarakat saat ini bisa menanam pohon mangrove melalui pembelian polis Asuransi Rama. Setiap pembelian polis Asuransi Rama akan diwujudkan dalam 1 pohon mangrove yang ditanam di kawasan Pesisir Trimulyo tersebut. Hingga Sabtu (3/12) lalu, Asuransi Rama sudah melakukan penanaman 2.000 pohon mangrove. Ikut berkontribusi maksimal dalam misi mengurangi emisi karbon ekuivalen hingga 236,89677 Kg.

Selain emisi karbon, donasi pohon mangrove juga mampu mengurangi tekanan lingkungan. Hutan mangrove yang direhabilitas dan dikonservasi akan menekan abrasi pantai. Sebab, akar pohon mangrove bisa menjerat lumpur dan memunculkan daratan. Dampak seperti banjir rob (permukaan air laut naik) juga otomatis akan teratasi. Dengan begitu, kerugian ekonomi hingga degradasi lingkungan yang ditimbulkan akibat abrasi pantai dan banjir rob bisa diatasi. Ā 

No.1 The Most Trusted Insurance 2022

Dikutip dari detik.com dengan mengacu data Pelindo Pelabuhan Tanjung Emas, Bea Cukai Tanjung Emas Semarang menyebutkan adanya kerugian material besar sekitar USD41 Juta atau setara Rp615 Miliar akibat banjir rob pada Senin (23/5). Angka tersebut dihitung 83% dari 713 kontainer barang impor dan ekspor yang sudah submit dokumen kepabeanan. Melalui jatengprov.go.id, Selasa (24/5), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah bahkan menghimbau agar aktivitas pekerjaan di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ditutup sementara.

Penutupan beragam aktivitas pekerjaan di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tentu mendatangkan kerugian lebih besar. Sebab, aktivitas bisnis dan ekonomi secara umum terhenti. Informasi lain dari kompas.com, Senin (19/12), menyebutkan banjir rob menjadi permasalahan yang tidak kunjung usai. Ada beberapa wilayah di Semarang Utara yang terdampak banjir rob ekstrem pada 23 Mei 2022. Akibatnya sekitar 300 Hektar wilayah tergenang dengan jumlah masyarakat terdampak 8.335 Jiwa.

No.1 Indonesia Best Performing Award 2022

Praktis aktivitas ekonomi keluarga terhenti di sana. Problem semakin kompleks karena banjir rob mengakibatkan fenomena penurunan tanah 10-15 Sentimeter setiap tahunnya. Padahal untuk meninggikan rumah bisa menghabiskan anggaran sekitar Rp100 Juta. Lebih lanjut, rehabilitasi dan konservasi hutan mangrove ini akan ā€˜menghidupkanā€™ kembali kawasan Pesisir Trimulyo secara menyeluruh.

Ekosistem yang rusak dan hilang mulai pulihĀ kembali. Biota laut hingga burung sudah banyak dijumpai di sana. Wilayah ini juga bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat, bahkan dunia.

SERTIFIKAT_RAMA

ā€œAda banyak manfaat yang diperoleh melalui rehabilitas dan konservasi hutan mangrove. Abrasi pantai dan dampaknya terhadap ekonomi masyarakat bisa ditekan. Kawasan tersebut juga bisa berkembang menjadi zona bisnis melalui aktivitas pariwisata. Silahkan bergabung dalam rehabilitasi dan konservasi hutan mangrove melalui polis Asuransi Rama,ā€ tegasĀ Bambang Hermanto.(*)