Ekonomi Dijamin Kondusif, Nilai Tukar Rupiah Kompetitif

Nilai Tukar Rupiah Terhadap USD 2023

Asuransi Rama_Digital 2023

KONDISI ekonomi nasional dijamin lebih kondusif saat ini. Sebab, nilai tukar rupiah terus bergerak kompetitif ke arah lebih baik. Kondisi ini tentu menjadi jaminan atas terus terjaganya daya beli masyarakat. Sebab, konsumsi menjadi kunci penting untuk akselerasi industri dan ekonomi secara menyeluruh. Hanya saja, dinamika pergerakan nilai tukar harus diantisipasi agar tidak memberi impact risiko besar. Adapun untuk menekan risiko atas aset bisa diterapkan melalui Asuransi Rama.

Nilai tukar rupiah diklaim terus menunjukkan kinerja positifnya. Mengacu informasi dari laman bi.go.id, saat ini skor tukar rupiah terus mengalami penguatan. Faktor penghitungnya diukur mulai dari rentang akhir Desember 2022 hingga pertengahan Februari 2023. Dengan melihat pergerakan skor tukar rupiah tersebut, maka penguatannya sudah mencapai level 2,39%. Kondisi tersebut bahkan diklaim lebih baik dari beberapa negara di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN.

Pergerakan skor tukar rupiah secara riil memang lebih baik dari beberapa negara di ASEAN. Pamor rupiah dinyatakan lebih baik dari 3 negara ASEAN. Sebut saja, Filipina, Thailand, hingga Malaysia. Adapun Filipina membukukan angka pertumbuhan skor pertukaran mata uangnya sekitar 0,99%. Kondisi kurang menguntungkan dialami Thailand dengan skor lebih rendah 0,85%. Adapun Malaysia berada pada level pertumbuhan pertukaran mata uang hanya 0,27% saja.

No.1 The Most Trusted Insurance 2022

Nilai tukar atas rupiah yang tercatat impresif saat ini tidak lepas dari kinerja kondisi ekonomi makro. Beberapa faktor pendorongnya adalah aliran modal asing yang masuk ke Indonesia. Aliran modal asing tersebut secara langsung memberikan impact positif terhadap pertumbuhan ekonomi domestik. Hasilnya? Saat ini kondisi ekonomi domestik memiliki stabilitas yang kondusif. Sebab, industri memiliki kemampuan finansial yang positif untuk membeli bahan baku. Satu sisi pasar mampu menjaga konsumsinya.

Memiliki catatan positif, optimisme ekonomi Indonesia pun dikuatkan oleh Bank Indonesia. Bahkan bank Indonesia saat ini berani memprediksi status tukar atas rupiah akan terus menguat. Apalagi, kondisi ekonomi nasional dalam posisi on fire. Ekonomi nasional terus tumbuh dan berkembang dengan fundamental yang kuat. Impact berantainya adalah penurunan laju inflasi yang akhirnya terdesak turun. Adapun stabilisasi pertukaran mata uang akan memberi impact pengendalian inflasi barang impor.

Nilai pertukaran mata uang atas rupiah memang diyakini kuat sepanjang tahun ini. Hanya saja, masyarakat harus waspada atas beragam faktor penghambat laju rupiah. Salah satu faktor penghambat laju dan penguatan rupiah adalah posisi suku bunga. Adapun faktor penghambat adalah kenaikkan suku bunga global. Suku bunga global diprediksi akan terus mengalami dinamisasi sepanjang tahun ini, meski banyak negara berharap adanya stabilisasi.

Indonesia Golden Insurance Company Winner 2022

Meksi demikian, posisi suku bunga global juga berpotensi melambat tahun ini. Ada beragam asumsi yang bisa menguatkan skenario ini. Sebab, ada indikasi Bank Sentral Amerika Serikat tidak lagi bersikap agresif dalam menaikkan suku bunganya. Apalagi, The Fed tersebut sudah mengindikasikan suku bunga akan berada pada grid di atas 5,1%. Dan, saat ini suku bunga The Fed berada pada level 4,5%. Artinya, ada potensi kenaikan suku bunga acuan tersebut mengalami kenaikan 125 bps.

Stabilisasi nilai tukar tentu akan membuat ekonomi lebih kondusif. Potensi risiko menjadi lebih kecil. Adapun untuk menekan risiko, maka sistem proteksi harus diterapkan. Memiliki tagline Mudah, Cepat, danTerpercaya, Asuransi Rama sudah mengembangkan sistem pengurusan polis secara digital. Memanfaatkan teknologi sehingga semua dilakukan online. Hemat waktu dan pembiayaan. Berdiri sejak Agustus 1978, Asuransi Rama sudah menerbitkan 1,6 Juta polis.

Menggunakan E-Polis, rasio akurasi pencairan klaimnya sempurna 99,6%. Artinya, tidak ada status gagal bayar. No.1 The Most Trusted Insurance 2022 Asuransi Rama selama ini selalu memberikan pelayanan prima melalu beragam fitur terbaiknya. Sangat membantu masyarakat Indonesia dan menjadi solusi atas risiko yang muncul. Selain Harta Benda, fitur lengkap Asuransi Rama adalah Asuransi Kendaraan Bermotor, Rekayasa, Kecelakaan Diri, dan Tanggung Gugat. Ada juga fitur Asuransi Pengangkutan, Suretyship, hingga Asuransi Lainnya.

No.1 Indonesia Best Performing Award 2022

Memudahkan layanan bagi konsumen, sedikitnya 800 bengkel resmi pun disiapkan. Saat risiko muncul, masyarakat bisa mengakses bengkel terdekat dengan TKP (tempat kejadian perkara). Asuransi Rama juga dihadirkan melalui Kantor Cabang dan Kantor Pemasaran pada 13 kota di Indonesia. Untuk Kantor Cabang berada di Bandung dan Surabaya. Adapun Kantor Pemasaran Asuransi Rama berada di Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, lalu Medan, Pekanbaru, Palembang, Batam, dan Makassar.

Untuk informasi lebih detail bisa ditanyakan langsung kepada Asuransi Rama melalui nomor telepon (+62) 81929302456 atau (+6221) 50100947/946. Selain via telepon, bisa juga mengunjungi website https://ramains.com/ untuk melakukan chat dengan operator Asuransi Rama. Bisa juga datang langsung ke AXA TOWER 29th Floor, Suite #07, dengan alamat di Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 18, Kuningan Jakarta Selatan, Jakarta. Namun, ingat, tetap patuhi protokol kesehatan agar ancaman kasus Covid-19 tidak membesar dan menyebar. (*)