Literasi Mitigasi Bencana, Power Bangunan Tahan Gempa Disempurnakan Asuransi

Kontruksi Rumah Tahan Gempa 2022

PEMAHAMAN literasi mitigasi bencana harus dimiliki oleh masyarakat. Tujuannya agar korban dan kerugian yang ditimbulkan tidak besar. Untuk itu, seluruh masyarakat diharapkan menerapkan sistem kontruksi tahan gempa pada rumahnya. Agar tingkat risiko semakin minimal, maka sistem proteksi atas risiko wajib diterapkan secara masif. Adapun sistem proteksi terbaik properti atas risiko ditawarkan secara lengkap oleh No.1 The Most Trusted Insurance 2022 Asuransi Rama.

Literasi mitigasi bencana terutama terkait gempa bisa dilakukan lebih dini secara mandiri. Apalagi, posisi Indonesia berada dalam ring of fire atau rangkaian gunung berapi yang rentan akan bencana. Masyarakat bisa memulainya dengan membangun rumah dengan konstruksi tahan gempa. Hal ini juga sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2022 tentang Bangunan Gedung. Secara perinsip, rumah tahan gempa setiap komponen bangunannya saling terikat.

No.1 The Most Trusted Insurance 2022

Sistem tersebut diantaranya menyangkut pondasi terikat dengan sloof secara benar. Sloof terikat bersama kolom, lalu kolom menyatu dengan balok. Adapun konsep dindingnya terikat kuat bersama struktur, lalu kusen menyatu dengan dinding. Untuk atap, kuda-kudanya harus terikat dengan ring balok. Penutup atapnya juga menyatu kuat dengan kuda-kudanya tersebut. Selain itu, posisi rumah juga idealnya pada lokasi datar. Tidak berada pada kemiringan 15%.

Untuk memastikan status keamannya, standardisasi seharus diterapkan. Pengawasan implementasi rumah tahan gempa melalui ijin mendirikan bangunan atau persetujuan bangunan gedung. Teknis pengawasannya dilakukan langsung oleh pemerintah daerah. Hal ini terkait dengan penerbitan sertifikat laik fungsi. Melalui implementasi bangunan dengan kontruksi tahan gempa, maka diharapkan tingkat kerugian bisa ditekan. Angka pembiayaannya smekain minimal dengan implementasi polis asuransi.

Menjawab beragam isu berkembang, sistem proteksi atas risiko pun ditawarkan oleh No.1 The Most Trusted Insurance 2022 Asuransi Rama. Asuransi Rama memiliki fitur Asuransi Harta Benda yang bisa melindungi bangunan beserta isinya. Bentuk properti yang dilindungi seperti rumah, apartemen, tempat usaha, kafe, rumah sakit, hingga bangunan lainnya. Ada beberapa kategori yang bisa dioptimalkan dari fitur Asuransi Harta Benda tersebut, bahkan cakupannya luas.

Indonesia Golden Insurance Company Winner 2022

Sebut saja, fitur Asuransi Property All-Risk, Gempa Bumi, Asuransi Kebakaran, hingga Asuransi Terorisme dan Sabotase. Memiliki tagline Mudah, Cepat, danTerpercaya, Asuransi Rama sudah mengembangkan sistem pengurusan polis secara digital. Memanfaatkan teknologi sehingga semua dilakukan online. Hemat waktu dan pembiayaan. Berdiri sejak Agustus 1978, Asuransi Rama sudah menerbitkan 1,6 Juta polis.

Menggunakan E-Polis, rasio akurasi pencairan klaimnya sempurna 99,6%. Artinya, tidak ada status gagal bayar. No.1 The Most Trusted Insurance 2022 Asuransi Rama selama ini selalu memberikan pelayanan prima melalu beragam fitur terbaiknya. Sangat membantu masyarakat Indonesia dan menjadi solusi atas risiko yang muncul. Selain Harta Benda, fitur lengkap Asuransi Rama adalah Asuransi Kendaraan Bermotor, Rekayasa, Kecelakaan Diri, dan Tanggung Gugat. Ada juga fitur Asuransi Pengangkutan, Suretyship, hingga Asuransi Lainnya.

No.1 Indonesia Best Performing Award 2022

Memudahkan layanan bagi konsumen, sedikitnya 800 bengkel resmi pun disiapkan. Saat risiko muncul, masyarakat bisa mengakses bengkel terdekat dengan TKP (tempat kejadian perkara). Asuransi Rama juga dihadirkan melalui Kantor Cabang dan Kantor Pemasaran pada 13 kota di Indonesia. Untuk Kantor Cabang berada di Bandung dan Surabaya. Adapun Kantor Pemasaran Asuransi Rama berada di Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, lalu Medan, Pekanbaru, Palembang, Batam, dan Makassar.

Untuk informasi lebih detail bisa ditanyakan langsung kepada Asuransi Rama melalui nomor telepon (+62) 81929302456 atau (+6221) 50100947/946. Selain via telepon, bisa juga mengunjungi website https://ramains.com/ untuk melakukan chat dengan operator Asuransi Rama. Bisa juga datang langsung ke AXA TOWER 29th Floor, Suite #07, dengan alamat di Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 18, Kuningan Jakarta Selatan, Jakarta. Namun, ingat, tetap patuhi protokol kesehatan agar ancaman kasus Covid-19 tidak membesar dan menyebar. (*)